Blog Kajian Tentang Muslimah | Inspirasi | Motivasi |Parenting | Tips | Hukum yang Berkaitan dengan Kewanitaan |

Followers

Total Pageviews

Toko Pakaian Zaman Now

Bisnis On Line

Toko Buku Terlengkap

Toko Buku Online Belbuk.com

Sunday, April 1, 2018

Inilah 6 Tips Membangunkan Anak Sholat Subuh

Bangun Pagi bagi sebagian orang merupakan aktivitas yang cukup berat untuk dilakukan terutama bagi anak-anak. Hal Ini adalah PR bagi para orang tua agar putra-putrinya dapat terbiasa bangun pagi dan melaksanakan sholat subuh berjamaah. Meskipun membangunkan anak-anak untuk sholat shubuh  cukup sulit dilakukan. Bagi orang tua jangan sampai putus asa dan menyerah untuk terus membangunkan para pejuang shubuh sebelum nanti meningkat jadi para pejuang qiyamullail...(Aamiin yaa Allah).

"Assalamu'alaikum, anakku sayang. Wahai para pejuang islam, Allah memanggilmu, Nak."
Anak-anak kita, duhai ummahat...mereka lebih menyukai sambutan hangat dan istimewa, bahkan saat dibangunkan mereka lebih menyukai cara-cara yang membangkitkan semangat mereka dan membuat mereka merasa dicintai.


Intonasi, bahasa, gerak tangan dan ekspresi wajah kita sangat penting artinya untuk mereka. Meskipun mereka tetap sulit dibangunkan dengan berbagai macam alasan seperti masih mengantuk, dingin, dan sebagainya, itu ujian bagi kita, ummahat... Bershabarlah !!!
Bershabarlah...!!

Karena keshabaran kita, sangat dibutuhkan dalam proses panjang pembinaan generasi Robbaniyyun...Bershabarlah.. !!! Karena Allah mencintai orang-orang yang shabar.
Bershabarlah!! untuk generasi muslim yang lebih baik. Untuk melahirkan generasi-generasi terbaik.
Berikut ini beberapa cara untuk membangunkan anak agar tidak menjadi kerusuhan di pagi hari :

1. Niatkan membangunkan anak-anak karena Allah
"Sesungguhnya setiap amal itu tergantung niatnya." begitu bunyi salah satu hadits shohih yang terdapat di awal hadits arba'in.
Karena itu, sangat penting bagi kita untuk menjaga agar niat kita selalu lurus karena Allah Subhaanahuu wata'ala.
Keseluruhan kehidupan seorang muslim adalah ibadah, jika semuanya di niatkan karena Allah. Dan semua hanya akan berakhir letih semata, jika ego pribadi yang menjadi pendorong setiap aktivitas kita.
Tak ada satu hal pun yang terlewat dari perhitungan Allah kecuali semuanya akan mendapatkan balasan yang sesuai di hari hanya amal perbuatan kita yang menjadi penolong kita, bahkan meski amal itu terlihat sepele seperti membangunkan anak. Karena itu, marilah niatkan hanya karena Allah saat kita hendak membangunkan buah hati kita.

2. Tersenyumlah !
Jaga senyum kita saat hendak membangunkan anak. Jangan pernah beraut muram dan suram. Ekspresi wajah kita dilihat dan dipelajari anak-anak kita untuk kemudian mereka tiru dan jadikan kebiasaan mereka.
Senyum menghilangkan rasa kesal yang mungkin saja datang saat kita kesulitan membangunkan anak-anak.
Senyum juga membawa kedamaian dan ketentraman bagi kita sendiri juga bagi orang-orang disekeliling kita terutama anak-anak yang akan kita bangunkan.

3. Jaga intonasi bicara dan bahasa kita !
"Assalamu'alaikum sayang, Allah sudah memanggilmu, Nak!"
Atau, "yo bangun, Nak... Panggilan kebahagiaan sudah tiba."
Atau, "ayo pejuang shubuh, adzan sudah berkumandang. Mari kita sambut panggilan Allah!"
Atau,  "Assalamu'alaikum, anakku sayang. Wahai para pejuang islam, Allah memanggilmu, Nak."
Saya mengucapkan kalimat-kalimat seperti itu pada semua anak kami tanpa melihat perbedaan usia mereka. Baik yang masih kanak-kanak ataupun yang sudah remaja, tidak ada perbedaan kalimat yang mencolok saat membangunkan mereka.
Anak-anak tetaplah anak-anak. Berapapun usia mereka, mereka tetap akan lebih menyukai kalimat baik dan penuh kasih sayang dari orang tuanya dibandingkan kalimat kaku atau yang sekedar basa-basi, kalimat-kalimat bernada  perintah apalagi kalimat-kalimat bernada merendahkan dan cemoohan.
Kalimat yang baik juga membawa kedamaian dan ketentraman bagi kita yang mengucapkannya dan mereka yang mendengarnya.

4. Jaga gerak tangan kita!
Usap lembut kepala mereka, pijit ringan punggung mereka dan ucapkan kalimat baik di telinga mereka.

5. Bekerjasama yang baik dengan pasangan!
Anak-anak akan lebih mudah dibangunkan saat ayah bundanya satu kata, bekerjasama dengan baik dan saling mendukung serta memberi dorongan dalam pendidikan anak-anak.
Ayah dan ibu yang memiliki visi yang sama insyaAllah bisa bekerjasama dengan baik dalam menjalankan misi untuk mendidik generasi terbaik baik ummat ini. Kerjasama yang harmonis akan melahirkan pribadi-pribadi yang juga harmonis dan berkepribadian baik insyaAllah. (Karena itu pilihlah calon pasangan hidup yang satu visi dengan kita ..hee)
6. Bershabarlah!
Setelah semua cara di atas dilakukan tapi anak masih sulit bangun? Bershabarlah!
Bersabarlah untuk tetap istiqamah membangunkan mereka dengan cara-cara yang baik dan tak mengundang kegaduhan! Bersabarlah untuk tetap ikhlas bersabar atas mereka yang Allah hadirkan untuk menguji kesabaran kita!
Bersabarlah untuk tidak menaikkan intonasi atas mereka! Bersabarlah, kesabaran kita salah satu hal yang menentukan kualitas generasi kita!

Awal hari yang baik sangat berpengaruh pada keseluruhan hari yang akan di jalani. Karena itu saat memulai hari, pilihlah untuk melakukan hanya yang baik, mengucapkan hanya yang baik, dan meniatkan hanya untuk hal yang baik agar keseluruhan hari yang akan dijalani penuh ketentraman dan kedamaian.

Dan untuk buah hati kita, lakukanlah dan ucapkanlah hanya yang baik pada mereka, agar lahir generasi-generasi terbaik bagi ummat ini, generasi-generasi peradaban yang beradab bagi ummat ini.

Itulah tips cara membangunkan anak-anak untuk terbiasa bangun pagi dan sholat subuh, semoga bermanfaat.
Allohu a'lam bishshowab

Tasikmalaya, akhir Maret 2018

Related Posts

No comments on Inilah 6 Tips Membangunkan Anak Sholat Subuh

Post a Comment