Blog Kajian Tentang Muslimah | Inspirasi | Motivasi |Parenting | Tips | Hukum yang Berkaitan dengan Kewanitaan |

Followers

Total Pageviews

Toko Pakaian Zaman Now

Bisnis On Line

Toko Buku Terlengkap

Toko Buku Online Belbuk.com

Friday, March 23, 2018

Masa Kecil Anak-anak adalah Anugerah Terindah Bagi Orang Tua

Masa Kecil Anak | Masa Kecil Anak dalam Pandangan Orang Tua| "Repot itu kalau anak-anak masih kecil, kalau sudah besarmah nggak kerasa lagi repotnya." Pernahkah anda mendengar kalimat seperti itu? Beberapa kali saya mendengar kalimat yang sama dari sekian orang yang berbeda, sekian kali pula saya katakan, "masa kanak-kanak putra-putri kita tidaklah merepotkan, tidak pernah  merepotkan sama sekali. Tapi justru sebaliknya, semua itu anugerah yang sangat menyenangkan.
Dimana setiap letih yang sering tiba-tiba melanda bisa tiba-tiba menguap hanya dalam hitungan detik atau menit. Di mana sedih atau gundah tak sanggup berlama-lama hadir karena kesibukan mengurus anak yang membuat rasa itu mudah hilang tergantikan bahagia.



Di mana setiap waktu yang dilalui terasa sangat berarti, rutinitas yang pasti setiap hari membuat warna hidup terasa istimewa.
Bersama anak-anak kecil, hidup orang tua seolah hanya dipenuhi aneka bunga.
Jadi di mana letak repotnya? Tidak ada, semua itu menyenangkan. Sangat menyenangkan."
Ini memang hanya soal cara pandang dan rasa. Saya tak pernah setuju ketika ada anak yang dianggap merepotkan oleh orang tuanya. Seperti apapun kondisi anak itu, seperti apapun situasi orangtuanya, tak selayaknya memandang anak-anak mereka dengan pandangan seolah mereka adalah beban berat yang sangat merepotkan.
Lalu dari mana sampai kata 'merepotkan' itu ada? Yang membuat repot itu bukan anak-anak, tapi kita, ya kita sendiri sebagai orang tua yang lebih 'merepotkan' karena pikiran, konsep ideal, rasa dan mindset kita sendiri.
Saat anak-anak berjalan dan bersikap sebagaimana fithrah mereka yang tak bisa diam, kita membuat tuntutan agar si kecil bersikap sebagaimana keinginan kita.
Kita menuntut mereka untuk hanya menyimpan mainan mereka di tempatnya, kita menuntut mereka untuk makan dengan tertib dan teratur, kita menuntut mereka untuk tidak memberantakkan rumah, kita menuntut mereka untuk mengerti kesibukan kita, dan sekian banyak tuntutan lain yang membuat kita akhirnya mengatakan, "punya anak kecil di rumah itu 'repot'." setiap kali kita bertemu kenyataan yang tak sesuai harapan.
Jika saja..
Jika saja semua tuntutan itu disimpan untuk diri kita sendiri tanpa harus dibebankan kepada anak-anak, amanah Allah yang harus kita syukuri ini, tak kan perlu kata 'merepotkan' itu tersematkan pada anak-anak, apalagi di usia keemasan mereka.
"Dede oge pasti pernah merasa kerepotan !"
Ya, tentu saja saya sering merasa 'kerepotan' , apalagi di awal-awal menjadi ibu beberapa balita. Subhanalloh, itu saat-saat yang sangat amazing dimana banyak ritme yang berbeda dari saat sebelum jadi ibu. Repot iya, tapi anak-anak tetap tidak 'merepotkan'.
Saya merasa 'kerepotan' terutama dengan manajemen hati dan pikiran saya sendiri di awalnya, lalu kemudian saya temukan sebuah hari dimana saya merasa kehilangan moment berarti bersama balita saya karena kondisi kesehatan saya yang menurun.
Saat itulah, saya mulai menemukan kebahagiaan yang amat sangat saat mendengar gelak tawa anak-anak.
Saat itu juga, teriak dan tangis anak-anak terdengar istimewa.
Saat itu juga, saya mulai menemukan kebahagiaan saat melihat rumah berantakan karena aktivitas dan kreatifitas anak yang tiada habisnya.
Ya, saat fisik saya mulai drop ... Saat itulah saya mulai menyadari, tiada yang lebih berarti bagi anak-anak selain saat kita bisa memahami dan menerima kehadiran mereka tanpa tuntutan ego kita sebagai orang tua yang seringkali di luar batas kesanggupan anak-anak di usianya.
Melihat anugerah sekaligus amanah besar yang Allah titipkan melalui rahim kita ini, pantaskah kita menganggap mereka sebagai makhluk kecil yang 'merepotkan'?
Apa masa kecil anak-anak kita 'merepotkan'? Tidak, mereka tidak 'merepotkan' kecuali kita yang mengeluhkannya seolah mereka penghalang aktivitas kita.
Mari syukuri kehadiran putra putri kita !  :)

Related Posts

No comments on Masa Kecil Anak-anak adalah Anugerah Terindah Bagi Orang Tua

Post a Comment