Blog Kajian Tentang Muslimah | Inspirasi | Motivasi |Parenting | Tips | Hukum yang Berkaitan dengan Kewanitaan |

Followers

Total Pageviews

Toko Pakaian Zaman Now

Bisnis On Line

Toko Buku Terlengkap

Toko Buku Online Belbuk.com

Thursday, March 29, 2018

Tips Mengenalkan Huruf pada Anak Balita Bermain Sambil Belajar

Cara Mengajari Anak Membaca | Mengajak Anak Balita Mengenal Huruf | Mengenalkan Huruf pada anak banyak dilakukan oleh para orang tua khususnya kaum ibu. Beragam cara untuk memperkenalkan balita kita pada huruf. Ada yang memasukkannya ke lembaga-lembaga pendidikan usia dini, ada yang memasukkannya ke lembaga les khusus untuk belajar baca tulis, ada juga yang memilih cara-cara lain yang disesuaikan dengan karakter dan keunikan masing-masing balitanya.


Saya sendiri memilih untuk mengenalkan huruf pada balita kami dengan cara mengajaknya bermain di sekitar perumahan tempat tinggal kami, sambil membawa buku favoritnya. Kami biasanya berjalan-jalan di sekitar komplek sambil mengajak anak-anak untuk mengimajinasikan semua hal yang dia lihat di sekitar terutama saat melihat awan ataupun tumbuhan-tumbuhan.
 
Seperti sore itu saat kami berempat (saya, sulung dan 2 adiknya yang masih batita) berjalan-jalan beberapa blok dari rumah kami yang terletak di perbatasan Rancaekek Cicalengka..

Sore itu saya berencana mengajari sulung mengenal huruf dan membuat kata sederhana dari huruf yang sudah dia kenal dengan cara mengasosiasikan awan pada bentuk tertentu yang ada dalam benaknya.

"Bentuk awan itu seperti dinosaurus ya mi?!" ujarnya sambil menunjuk awan di langit perum GPR sore itu.

Aa yang suka mengasosiasikan gambar awan dengan hewan, alat transportasi atau huruf-huruf seperti yang ada dibuku ceritanya selalu bersemangat dengan aktivitas itu.

"Aa mau menggambar dinosaurus, mi." kemudian dia mengambil ranting yang ada dijalan yang sepi dari kendaraan itu.

Aa menuntun adiknya, umar, dan mengajakku yang menggendong si kecil Aufa untuk mengikutinya.

"We can sit down here, ummi." ucapnya sambil menunjuk tembok pembatas sungai yang tidak terlalu tinggi di simpang tiga perumahan.

Aa menggambar dinosaurus di pinggiran jalan, di atas tanah didekat tembok pembatas yang saya duduki bersama sikecil Aufa.

"Ummi. انظر ini dinosaurus!!! Sama seperti awan itu.. Ini badannya, ini matanya, ini ekornya, ini kakinya.."

"Subhanalloh.... Ini dinosaurus ya sayang?"

"Iya mi. Ini dinosaurus, namanya dino. Di buku Aa namanya Dino. Nulisnya bagaimana, mi? " dia membuat gambar dinosaurus di atas tanah dengan menggunakan ranting pohon yang dia temukan di dekat tempat kami duduk.

"Dino ya sayang? kalau Dino berarti ada 4 huruf yang terdiri dari huruf D, huruf I, huruf N, dan huruf O. seperti ini, nak: D I N O." sambil menuliskan huruf dino dengan ranting diatas tanah disamping gambar dinosaurus itu.

"ooh, jadi seperti ini, mi? D I N O...dibaca DINO." dia menirukan tulisan yang saya buat dengan cara yang sama seperti saat dia membuat gambar dinosaurus.

"MasyaAlloh.. Barokalloh sholih, Alhamdulillah, segala puji bagi Allah yang telah memberimu kecerdasan nak, engkau sungguh pintar sekali, Alhamdulillah. Ini huruf D ya?" tanyaku sambil mengusap kepalanya dan menunjuk huruf D yang dia buat

"Iya ummi." jawabnya riang

"Yang ini I." telunjukku beralih ke huruf I.

Aa mengangguk mengiyakan

"Ini N. N seperti untuk NANAS sama NASI." lanjut Aa sambil menunjuk huruf N.

"Ini huruf O. Bentuknya bulat..seperti donat yang tadi kita bikin ya mi! "

Saya mengangguk membenarkan ucapannya sambil memeluknya,"engkau anak sholeh yang pintar, nak. Alloh akan selalu menjagamu, sayang.! I am proud of you, my dear"

"Ummi... Look there, there's like a banana.!" ujarnya kembali menunjuk awan, masih dilangit yang sama.
Kemudian Aa kembali melukiskan apa yang dia lihat dan menuliskan huruf yang berkesan untuknya.

***
Meski bukan hal yang sangat mudah untuk mengenalkan huruf pada balita, tapi bukan juga hal yang mustahil untuk dilakukan.
Ajari anak tanpa harus membuatnya tertekan ataupun terpaksa, beri anak-anak kita kesempatan untuk menikmati pengalaman awal  belajar yang menyenangkan terutama dari ibu sebagai madrasah pertama dan utamanya sebagai bekal untuk kehidupannya di masa depan.

Semoga bermanfaat :)

Bandung, 11 tahun yang lalu

Related Posts

No comments on Tips Mengenalkan Huruf pada Anak Balita Bermain Sambil Belajar

Post a Comment