Blog Kajian Tentang Muslimah | Inspirasi | Motivasi |Parenting | Tips | Hukum yang Berkaitan dengan Kewanitaan |

Followers

Total Pageviews

Toko Pakaian Zaman Now

Bisnis On Line

Toko Buku Terlengkap

Toko Buku Online Belbuk.com

Friday, March 23, 2018

9 Tips menghafal Al-Quran bagi Ummahat yang Sibuk Karena PR-nya

Tips untuk menghafal Al-Quran. Hmm, maksud saya untuk ummahat yang sedang dalam proses menghafalkan Al Qur'an
1. Jika kita menyediakan waktu  menghafal di pagi hari saat anak-anak sekolah, alangkah lebih baiknya menghafal setelah menyelesaikan semua pekerjaan rumah. Seringkali ibu-ibu kurang konsentrasi saat melihat tumpukan cucian atau rumah yang berantakan. Untuk itu, selesaikan tugas 'negara' dulu!
2. Karena menghafal membutuhkan fokus dan konsentrasi yang baik, ada baiknya setelah menyelesaikan tugas rumah tangga jangan dulu langsung menghafal. Fisik yang letih biasanya agak menyulitkan untuk konsentrasi. 
 Jadi, setelah menyelesaikan pekerjaan rumah, bersihkan tubuh biar segar dan wangi dengan mandi, berhiaslah dan pakailah pakaian terbaik lalu sholatlah beberapa roka'at dan perbanyaklah dzikir sesudah sholat. InsyaAllah Allah akan menyiapkan fokus kita dan hati kita setelah itu.
3. Then, berapa ayat yang akan kita baca? Atau berapa lembar? Bacalah jumlah ayat yang akan kita hafal. Bacalah terus dan terus hingga kita mudah membacanya tanpa melihatnya (hafal).
4. Karena multitasking ibu-ibu sering menjadi alasan terlupanya ayat yang dihafal, maka usahakan untuk terus mengulang-ulang hafalan saat membereskan rumah, menyetrika, memasak, menjemur, berkebun, menemani anak, ba'da sholat terutama ba'da sholat tahajud.
Tapi jangan mengulang hafalan di kamar mandi, karena itu tidak di perbolehkan.
5. Menghapallah dengan senang hati. Ingatlah keutamaan yang Allah persiapkan bagi para penghafal Al-Quran. Nikmati prosesnya dan tidak boleh mengeluh sedikitpun karenanya.
6. Jangan berghibah, baik selama proses menghafal maupun saat lainnya. Ghibah menyempitkan hati dan 'menghapus' hafalan. Membuat aktivitas menghafal Al Qur'an menjadi 'hambar' serta membuat hidup tidak bahagia.
7. Saat menghafal, jangan sekali-kali membuka HP, laptop, buku bacaan atau menyalakan tv. Kita tidak akan kuat menahan fokus kita jika benda-benda tersebut mulai menarik perhatian kita.
8. Jangan sediakan cemilan didepan kita saat kita menghafal. Cukup air putih saja untuk membasahi kerongkongan. Itu juga kalau kita sedang dalam kondisi tidak berpuasa.
Cemilan akan membuat kita kehilangan fokus. Kalaupun mau ngemil, mengemillah setelah sukses menghafal ayat yang ditargetkan. (Saya sendiri tidak pernah menyiapkan cemilan sebagai hadiah untuk saya. Jadi didepan saya hanya ada Al Qur'an, buku catatan, pulpen dan air putih (conditional)
9. Yang paling penting, selalulah memohon Ridho dan maghfirah Allah. Niatkan menghafal Al Qur'an hanya karena Allah!
Setiap orang memiliki cara yang berbeda. Berdebat tentang cara tak akan membuat kita hafal Al Qur'an. Kapan mulai menghafal kalau setiap harinya disibukkan dengan perdebatan? Perdebatan metode atau yang lainnya..
Mulailah menghafal! Semoga Allah memuliakan kita dengan Al Qur'an, hari ini di dunia dan kelak di akhirat.
Semoga tips ini menjadi kebaikan :)

Related Posts

No comments on 9 Tips menghafal Al-Quran bagi Ummahat yang Sibuk Karena PR-nya

Post a Comment