Blog Kajian Tentang Muslimah | Inspirasi | Motivasi |Parenting | Tips | Hukum yang Berkaitan dengan Kewanitaan |

Followers

Total Pageviews

Toko Pakaian Zaman Now

Bisnis On Line

Toko Buku Terlengkap

Toko Buku Online Belbuk.com

Friday, April 13, 2018

Inilah 10 Cara Mengobati Scabies Secara Alami

Penyakit Scabies adalah penyakit gatal-gatal yang disebabkan oleh tungau atau kutu kecil. Penyakit ini ditandai dengan rasa gatal-gatal terutama malam hari. Seperti yang dialami oleh keluarga kami, Allah menguji kami dengan anak-anak yang mengeluh gatal-gatal. Gatal-gatal itu menyerang keempat anak kami hingga Olin (Putri keempat kami) yang waktu itu masih berusia 5 bulan juga mengalami hal yang sama.  Ada bentol-bentol kecil di daerah tangan dan kaki nya. Jika di garuk, bentol itu mengeluarkan air dan meninggalkan bekas yang agak lama keringnya.

Sedih? Awalnya iya. Setelah merasa melakukan ikhtiar yang maksimal untuk menghindari penyakit seperti itu, saya merasa menjadi ibu yang tidak bisa mengurus anak-anak dengan baik. Tapi suami mengingatkan saya dengan cara yang baik, tentang tarbiyah Allah dengan caraNya pada siapapun yang DIA kehendaki.

Panik? Awalnya saya panik. Qodarulloh, itu kali pertama saya berhadapan dengan situasi dan kondisi seperti itu. Itu juga kali pertama saya belajar merawat anak-anak dalam kondisi yang sebelumnya sangat saya hindari dan takuti.

Ya, Allah maha tahu semua yang tidak kita ketahui. Allah maha tahu cara terbaik mendidik kita...

Akhirnya saya tak lagi bersedih dan memilih bahagia atas ujian itu.
Karena dalam setiap ujian Allah sediakan banyak kebaikan, saya pun memilih untuk bahagia dan menikmatinya.
Sungguh, itu tidak mudah... Tapi mengingat kebaikan dalam setiap ujian dan harapan akan syurga Allah membuat yang sulit tak menjadi halangan.

Maha suci Allah yang telah menciptakan sesuatu tanpa sia-sia.

6 bulan atau kurang dari itu atau mungkin juga lebih (saya lupa tepatnya), Allah memberi saya kesempatan merawat 4 anak yang terkena scabies secara bersamaan (scabiesmah kan menular ya..). Penyakit yang awalnya sangat saya hindari dan terlihat 'menjijikkan' dimata saya... Alhamdulillah... Itu teguran yang membuat saya bersyukur setelahnya. Karena setelah itu, saya mulai faham apa yang dirasakan anak-anak yang terkena scabies. 

Saya juga mulai faham bagaimana perasaan orang tua mereka.Saya mulai faham cara menangani penderita penyakit kulit jenis itu. Dan...saya semakin meyakini akan Allah yang maha berkehendak dan berkuasa atas segala sesuatu..
Sepandai dan semaksimal apapun usaha kita dalam menghindari sesuatu, jika Allah berkehendak sesuatu itu menimpa kita, pasti akan sampai pada kita.

Oh ya, dari mana saya tahu itu scabies? Awalnya saya hanya mengira-ngira itu scabies. Setelah di periksa ke dokter kulit, dokter kulit mengatakan kalau itu scabies dan memberi kami salep yang Qodarulloh setelah salep itu habis scabiesnya kembali jadi lagi hingga akhirnya kami memutuskan memilih alternatif pengobatan lain selain karena sejak awal kami ingin anak-anak kami terbebas dari paparan obat-obatan kimia (kecuali dalam kondisi darurat :D).
Ini hanya sharing pengalaman saja. Sedikit pengalaman yang saya harapkan bisa bermanfaat untuk orang yang membacanya.
 
Kurang lebih 6 bulan anak-anak terkena scabies. Sulung yang baru kelas 3 MI, nmr 2 klas 1 MI, Aufa dan Olin kecil yang masih balita, semuanya menjadi jalan Allah menguji kami. Kami pun belajar banyak hal untuk merawat mereka...

Sahabat yang dirahmati Allah, berikut ini beberapa cara yang saya lakukan saat merawat anak-anak yang sedang terkena scabies :

1. Ikhtiar kami waktu itu di mulai dengan hampir setiap hari mengganti alas tidur dan selimut mereka.
2. Mengganti sabun mandi mereka dengan sabun tanpa parfum.
3. Mengganti talk mereka dengan talk tanpa parfum.
4. Menjemur mereka di bawah sinar matahari pagi agak lama (kurang lebih sekitar 1 jam dari jam 8.30 sd jam 09.30 pagi).
5. Menyiapkan air madu agak banyak untuk  mereka minum selang beberapa jam.
6. Mengusap luka bekas bentol serta bentol-bentol dengan habbats oil yang dicampur madu.
7. Memberi lebih banyak sayuran dan buah-buahan.
8. Memandikan mereka dengan air hangat yang dicampur PK.
9.  Memberi mereka hanya minum madu, habbats oil dan memperbanyak konsumsi sayur dan buah serta air putih.
10. Hmm... Apa lagi ya? Hampir setiap hari saya mencuci pakaian serta handuk dan selimut mereka dengan air panas, biidznillah.

Allah adalah sebaik-baik tempat bersandar, tempat memohon dan tempat menggantungkan harapan. Tetaplah berikhtiar dan berusaha dengan cara yang baik, dan yakinlah bahwa segala kehendak hanya ada di Tangan Allah. Jangan pernah menduakan Allah dengan apapun selainNya.

Related Posts

No comments on Inilah 10 Cara Mengobati Scabies Secara Alami

Post a Comment