Blog Kajian Tentang Muslimah | Inspirasi | Motivasi |Parenting | Tips | Hukum yang Berkaitan dengan Kewanitaan |

Followers

Total Pageviews

Toko Pakaian Zaman Now

Bisnis On Line

Toko Buku Terlengkap

Toko Buku Online Belbuk.com

Tuesday, March 27, 2018

Inilah 12 Cara Mengatasi Anak Sakit Flu yang Wajib Anda Tahu

Anak Sakit Flu bagaimana cara mengatasinya? Flu atau dalam istilah lain disebut influenza merupakan penyakit ringan, tidak termasuk penyakit berbahaya. Ciri-ciri penyakit flu atau influenza ditandai dengan kepala terasa sakit atau pusing disertai bersin-bersin dan malam harinya demam. Jika buah hati terkena gejala flu apa yang bisa kita lakukan? Silahkan simak tips pena muslimah berbagi tips cara mengatasi anak sakit flu berdasarkan pengalaman.

Beberapa hari ini, Allah 'azza wajalla menguji kami dengan sakitnya putri keempat kami. Awalnya dia mengeluh kalau kepalanya terasa sakit disertai bersin-bersin, lalu malamnya tubuhnya demam dan keesokan harinya semua gejala flu mulai bermunculan. Subhanalloh, putri kami terkena Flu atau influenza, dan tarbiyah Allah beberapa hari ini adalah mendampinginya menghadapi sakitnya.


Meski penyakit ringan dan tidak termasuk penyakit berbahaya, tapi influenza yang cukup sering diderita anak-anak terutama pada masa pancaroba ini tidak bisa diremehkan. Dan penanganan yang tidak baik biasanya berdampak kurang baik untuk anak-anak, misalnya bisa menurunkan daya tahan tubuh anak-anak.

Flu biasanya ditandai dengan gatal ditenggorokan, sakit kepala dan demam. Lalu muncul cairan dihidung yang terus mengental, batuk, dan rasa ngilu atau nyeri di persendian.

Penyakit yang sangat mudah penyebarannya ini biasanya disebarkan melalui kontak langsung penderita dengan orang lain. Karenanya, sangat disarankan agar penderita influenza tidak melakukan kontak langsung dengan orang lain terutama kepada anak-anak yang daya tahan tubuhnya masih lemah.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan saat anak terserang gejala penyakit yang diakibatkan oleh virus ini.
Berikut ini hal-hal yang bisa dilakukan saat anak terserang gejala influenza :

1. Jangan panik, tetaplah tenang !
Seperti halnya sehat, sakit juga bagian dari kehidupan. Allah maha tahu cara terbaik mentarbiyah hamba-hambaNya, dan sakit adalah salah satu bentuk tarbiyah dari Allah.

Ingatlah pada Allah, bertasbihlah dengan memuji dan minta ampunan pada Allah.

Jika anak tidak memiliki riwayat alergi atau asma, sebaiknya jangan terburu-buru membawa anak ke dokter atau mantri ataupun bidan. Influenza biasanya hanya memerlukan istirahat yang cukup untuk membuatnya pulih kembali, kecuali bila anak memiliki riwayat alergi ataupun asma yang biasanya sering mengalami gangguan flu lebih parah dan juga lebih lama.

2. Minta anak untuk istirahat yang banyak!
 - Biasanya anak-anak apalagi saat sedang sakit selalu ingin berada di dekat ibunya, untuk itu sebaiknya ibu merelakan waktunya untuk menemani buah hatinya tanpa direpotkan urusan-urusan lainnya agar dia bisa istirahat dengan baik.

- Anak membutuhkan banyak tenaga untuk melawan penyakit, dan istirahat yang banyak saat kondisi sakit adalah salah satu cara yang insyaAllah efektif.

- ciptakan suasana kamar yang nyaman untuk anak saat anak harus istirahat yang banyak. Siapkan semua kebutuhan anak di tempat terjangkau, misal : minuman, makanan, mainannya, dll.

3. Beri makanan yang bergizi.
Sayur-sayuran, buah-buahan dan air putih yang banyak sangat baik untuk anak-anak yang sedang terserang flu.
Air kelapa muda, jus buah, madu dan sop daging sapi hangat juga sangat baik untuk penderita flu.

4. Mandi dengan air hangat, kalau anak tidak kuat cukup dengan mengelapnya dengan air hangat.

5. Menjemurnya dibawah matahari pagi. Matahari pagi insyaAllah sangat baik untuk membantu memulihkan kondisi.

6. Jika anak mengeluh sakit di tenggorokan, beri dia air minum yang hangat untuk mengurangi sakitnya.
Untuk membantu meredakan sakit kepalanya bisa di oleskan minyak kayu putih di sekitar dahi, leher, punggung dan juga dada sambil di pijit lembut.
Untuk membantu membuka saluran hidungnya yang tersumbat, pijit area sekitar hidung didekat mata dengan lembut.
Untuk membantu meredakan sakit pada persendian, baluri seluruh tubuhnya dengan minyak telon atau minyak kayu putih.
Untuk membantu meredakan demamnya, kompres dengan air hangat.

7. Udara yang dingin biasanya membuat kondisi memburuk, untuk itu sebaiknya jauhkan anak yang sedang terkena flu dari udara dingin.

8. Jaga sirkulasi udara di tempat anak istirahat agar tetap hangat.

9. Saat anak istirahat, ganjal kepalanya dengan bantal lebih tinggi dari badannya agar sumbatan hidung terbuka dan dia tidak kesulitan untuk bernapas.

10. Bantu anak untuk membuang lendir dari hidungnya. Ajari dia cara membuang lendir dengan tisu ataupun kain halus.

11. Jangan pernah mengeluh saat membersamai anak, nyamankan hatinya dan berilah dia perhatian untuk menggambarkan cinta Anda padanya. Rasa nyaman dan merasa dicintai membuatnya bisa beristirahat dengan baik sekaligus membantunya pulih dengan cepat, insyaAllah.

12. Jangan lupa bershodaqoh dengan apapun yang mampu di shodaqohkan. Shodaqoh pembuka pintu Rahmat Allah, dan sembuh adalah salah satu Rahmat dari Allah. Bershodaqohlah dengan shodaqoh terbaik karena Allah, dan ikhlaslah pada apapun ketentuan Allah.

Anak kita bukanlah milik kita. Mereka adalah titipan Allah pada kita yang harus kita jaga dan kita rawat sebaik-baiknya. Cara kita menjaga dan merawat tentulah harus sesuai dengan aturanNya, karena kelak semua akan dipertanggungjawabkan kembali dihadapanNya. Berbuatlah sebaik-baiknya, rawat dengan sebaik-baiknya, jaga dan cintai dengan sebaik-baiknya, tapi janganlah kecintaan kita membuat kita lupa pada Rabbul 'aalamiin yang harus lebih kita cintai melebihi apapun yang ada, melebihi suami dan anak-anak kita dan semua apapun yang ada di dunia. Janganlah kecintaan kita membuat kita enggan untuk ikhlas pada semua yang DIA tentukan untuk kita. Kita dan anak-anak kita di ciptakan oleh Allah yang maha memiliki kita, DIA maha mengetahui semua yang terbaik untuk hidup kita, saat sehat dan sakit kita.

Allohu a'lam bishshowab.

Related Posts

No comments on Inilah 12 Cara Mengatasi Anak Sakit Flu yang Wajib Anda Tahu

Post a Comment